BeritaRegional

Ribuan masyarakat menghadiri Pesta Rondang Bittang ke-34 Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Simalungun

Avatar photo
21
×

Ribuan masyarakat menghadiri Pesta Rondang Bittang ke-34 Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Simalungun

Sebarkan artikel ini

Simalungun, [Gaperta.id] – 19 September 2024, Pesta Rondang Bittang (PRB) ke-34 yang diadakan di halaman Kantor Bupati Simalungun resmi dibuka pada Kamis, 19 September 2024. Acara pembukaan ini berlangsung meriah dan dihadiri oleh ribuan warga serta pejabat penting dari berbagai instansi. Polres Simalungun melaksanakan pengamanan ketat guna memastikan kelancaran acara yang diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu, 21 September 2024.

Pada pukul 09.00 WIB, upacara pembukaan PRB ke-34 dimulai dengan Totor Pangalo Aloan oleh jajaran Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Simalungun dan tamu VIP. Setelah itu, parade kontingen dari 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun menyusul sebagai rangkaian kegiatan selanjutnya, yang diikuti dengan doa pembuka yang dibawakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simalungun pada pukul 11.00 WIB.

Rangkaian acara juga menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya, termasuk Tortor Somba-somba oleh tim penari dan pertunjukan drama serta tari musikal oleh Sanggar Bindu Matoguh yang mengisahkan cerita Rondang Bittang. Puncak acara pembukaan adalah pukulan gong oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, sebagai tanda resmi dimulainya Pesta Rondang Bittang ke-34 ini.

Jangan Lewatkan :  Musker I LAMR Kota Dumai Resmi Digelar, Asisten I: Tingkatkan Khidmat LAMR Sebagai Payung Negeri Melalui Program Kerja Unggulan

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 2.500 orang, termasuk pejabat pemerintah dan masyarakat umum. Para tokoh penting yang hadir di antaranya adalah Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., Wakil Bupati Simalungun H. Zony Waldi, S.Sos., M.M., serta jajaran Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat.

Beberapa tamu kehormatan lainnya yang turut hadir adalah Ketua TP-PKK Kabupaten Simalungun Ny. Ratnawaty Radiapoh H. Sinaga, Danrem 022 Pantai Timur yang diwakili oleh PASINTEL Mayor ARH Tambok Sinaga, Wakapolres Simalungun KOMPOL Hendrik Situmorang, MM, dan Kepala Kejaksaan Negeri Simalungun Irfan Hergianto, SH, MH.

Pesta Rondang Bittang merupakan salah satu acara tahunan yang paling ditunggu oleh masyarakat Simalungun. Acara ini tidak hanya menampilkan kekayaan budaya dan tradisi daerah, tetapi juga mempererat hubungan antarwarga dari berbagai kecamatan di Kabupaten Simalungun. PRB juga menjadi ajang promosi pariwisata dan budaya lokal yang memperlihatkan berbagai seni tradisional seperti tortor, musik etnis, dan pertunjukan budaya lainnya. Selain itu, puncak acara yang akan digelar pada Sabtu, 21 September 2024, diperkirakan akan semakin meriah dengan kehadiran artis ibukota, Judika, yang merupakan putra daerah Simalungun.

Jangan Lewatkan :  Kadis Kesehatan dr Syaiful Hadiri Pelepasan 248 Calon Haji Dumai, Ini Pesan Walikota Paisal

Pesta Rondang Bittang ke-34 ini berlangsung mulai dari Kamis, 19 September 2024, hingga Sabtu, 21 September 2024, di halaman Kantor Bupati Simalungun, Jalan Sotomo, Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Acara pembukaannya dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 14.30 WIB.

Selama tiga hari, acara ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk pertunjukan seni, expo pembangunan, dan promosi UMKM, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Puncak acara pada hari Sabtu, 21 September 2024, akan menjadi sorotan utama dengan penampilan artis Judika.

Polres Simalungun telah mengerahkan 32 personel untuk melakukan pengamanan selama acara berlangsung. Pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol Martua Manik, SH, MH. Pengamanan dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Simalungun nomor: SPRINT / 988 / IX / OPS.4.5./ 2024 tanggal 18 September 2024.

Jangan Lewatkan :  Kapolresta Barelang Gelar Konferensi Pers Ungkap Tersangka Peredaran Gelap Narkotika dan Pemusnahan Barang Bukti Sitaan Narkotika

Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol Martua Manik, menjelaskan bahwa personel yang terlibat telah ditempatkan di berbagai titik strategis untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan selama acara berlangsung. Hingga pukul 14.30 WIB, acara pembukaan berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Setelah pembukaan, berbagai kegiatan budaya dan hiburan akan terus berlangsung hingga Sabtu, 21 September 2024. Di samping pertunjukan seni dan budaya, masyarakat juga dapat mengunjungi expo pembangunan dan stan UMKM yang terletak di depan kantor Bupati Simalungun. Acara ini diharapkan tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga membawa dampak ekonomi positif bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Simalungun.

Secara keseluruhan, Pesta Rondang Bittang ke-34 ini bukan hanya menjadi ajang untuk melestarikan kebudayaan Simalungun, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan mempromosikan potensi pariwisata serta ekonomi daerah Simalungun.

(FP)