JAKARTA, [Gaperta.id] — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero menyiagakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bergerak atau mobile charging unit guna mendukung kelancaran perjalanan masyarakat selama libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Direktur Retail dan Niaga PLN, Adi Priyanto, menjelaskan bahwa layanan darurat ini dapat diakses melalui call center PLN Mobile, yang akan membantu pengguna kendaraan listrik jika mengalami kendala di perjalanan.
PLN juga membuka peluang kerja sama dengan pihak swasta untuk mempercepat pembangunan SPKLU di berbagai daerah. Kolaborasi ini akan memperluas akses pengisian daya sekaligus memperkuat ekosistem kendaraan listrik nasional. “PLN siap memfasilitasi perizinan dan koneksi jaringan listriknya agar masyarakat semakin mudah mendapatkan akses pengisian daya,” ujar Adi.
Saat ini, PLN telah mengoperasikan lebih dari 4.400 SPKLU di seluruh Indonesia. Dengan jumlah yang ada sekarang, potensi antrean panjang sudah bisa dihindari karena hampir semua rest area utama sudah memiliki SPKLU. Adi mengimbau pengguna kendaraan listrik untuk tetap merencanakan perjalanan dengan baik agar tidak kehabisan daya di tengah jalan.














