Scroll Untuk Membaca Artikel
banner 468x60
banner 468x60
BeritaRegional

Program JKN, Para Peserta Sangat Terbantu

Avatar photo
333
×

Program JKN, Para Peserta Sangat Terbantu

Sebarkan artikel ini

DUMAI, [Gaperta.id] – Intan (23) adalah seorang pekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Dumai, dan merupakan seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia merupakan peserta JKN yang merasa sangat terbantu dengan manfaat BPJS Kesehatan.

Intan menceritakan pengalamannya, semasa ia sedang menempuh pendidikan tinggi di luar kota, dan harus berobat, sementara ia terdaftar sebagai peserta Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di daerah asal, tempat ia tinggal bersama orang tuanya. Intan merasa sangat terbantu dengan adanya layanan peserta berada di luar domisili.

“Saya sering melakukan pengobatan di klinik saat saya sedang berkuliah di luar kota, saat itu FKTP saya masih terdaftar di daerah rumah saya. Beruntung ketika saya datang berobat ke klinik dekat domisili saya saat itu, dan menerima peserta BPJS Kesehatan. Langsung saya sampaikan bahwa saya sedang berada di luar domisili dan saya dilayani dengan baik dan ramah, “ tutur Intan.

Intan juga mengatakan bahwa ia justru sering merasa kurang sehat dan butuh pengobatan saat ia berada diluar kota. Ketika ia mengetahui mengenai aturan layanan luar domisili yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan pengobatan maksimal 3 kali dalam satu bulan di FKTP yang sama, Intan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Jangan Lewatkan :  Gebrakan Yonkav 12/BC Bantu Masyarakat Dalam Program Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

“Ketika saya datang untuk berobat seperti kurang enak badan, atau ketika saya merasa kurang nyaman dengan kondisi gigi saya, saya mendatangi klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dokter yang ada di klinik tersebut sangat informatif dan melayani dengan sangat ramah. Saya juga dijelaskan jika saya sudah 3 kali berobat di kliniknya, saya bisa pindah FKTP tempat saya terdaftar untuk berobat rutin,“ terang Intan.

Selama mengakses layanan di fasilitas kesehatan, Intan mengaku belum pernah mengeluarkan biaya layanan kesehatan sama sekali selama menggunakan Program JKN. Intan juga merasa pelayanan yang diberikan kepada semua pasien sama dan setara, tidak ada yang dibeda-bedakan.

“Selama melakukan pengobatan ke FKTP, saya belum pernah diminta untuk membayar meskipun saya berobat ke klinik sekali pun. Para tenaga kesehatannya pun semua ramah dan baik, mereka memberikan pelayanan yang berkualitas, saya juga menjadi lebih nyaman ketika berobat,“ ungkap Intan.

Jangan Lewatkan :  Apel Pagi Aparatur Sipil Negara Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan: Pencegahan dan Penanganan Judi Online

Saat masa-masa Intan melakukan pengobatan dirinya terdaftar menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kini setelah bekerja, ia sudah jarang berobat ke FKTP meski  saat ini Intan sudah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Penerima Upah PPU). Walau begitu Intan merasa senang dapat membantu meringankan biaya pengobatan peserta lain.

“Meski saat ini saya sudah berubah segmen menjadi tanggungan perusahaan dan saya harus dipotong gaji sebesar 1% untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, saya belum pernah menggunakannya lagi. Meski begitu saya senang karena saya diberikan jaminan kesehatan, semoga iuran yang saya bayarkan itu dapat membantu peserta lain untuk berobat,“ ucap Intan.

Intan berharap agar ke depannya BPJS Kesehatan semakin tertata lebih baik lagi, sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang semakin terbantu dan merasakan manfaat dari  Program JKN.

“Menurut saya sistem gotong royong dilakukan BPJS Kesehatan sangat bagus dan efektif diterapkan di masyarakat. Dengan begitu masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan tanpa perlu cemas terkendala biaya pengobatan yang terkadang biayanya tidak sedikit,” jelas Intan.

Jangan Lewatkan :  Sat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan Tangkap Penadah Minyak Hasil Illegal Tapping

Intan juga mengajak kepada para masyarakat yang belum bergabung sebagai peserta Program JKN agar segera bergabung. Menurutnya Program JKN ini banyak memberikan bermanfaat, bahkan pelayanannya sudah semakin baik.

“Mari bersama mendaftar dalam Program JKN dari BPJS Kesehatan ini, karena program ini saya bisa sehat hingga saat ini,” tutupnya.

Ditempat terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, Bernat Sibarani, menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan masyarakat terhadap Program JKN.

“Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah menjadi peserta JKN, seperti yang disampaikan saudari Intan, hal ini menunjukkan bahwa program JKN benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat, terlebih bagi yang sedang berada di luar domisili,” ujarnya.

Tak hanya itu, Bernat juga menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata bagi seluruh masyarakat.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri serta keluarganya menjadi peserta JKN, agar juga bisa merasakan manfaat dari Program ini,” tutupnya.

(ES)